INGIN SUKSES BERBISNIS? SUDAH BERETIKA, BELUM?

Dalam melakukan suatu bisnis , perlu diperhatikan yang namanya etika, karena dalam berbisnis etika sangatlah diperlukan dalam menjalankan usaha bisnis. dengan Komunikasi dalam etika bisnis dapat menjalin kerjasama yang baik antar sesama pebisnis. dengan memperhatikan komunikasi dalam etika bisnis , maka bisnis kita akan berjalan dengan baik dan bisa mencapai tujuan dan sasaran suatu pebisnis, karena dengan memiliki etika kita dapat bersaing secara sehat dengan para pebisnis yang lain dana dapat membentuk suatu tim kerjasama yang solid.

pengertian-bisnis1

Seperti yang kita ketahui dalam dunia bisnis, etika telah berkembang dikehidupan masyarakat , jika kita dapat menggunakanya dengan baik maka etika kita memberikan dampak yang positif terhadap bisnis yang kita kelola, selain itu tujuan dari mengembangkan komunikas dalam etika bisnis ini supaya para pebisnis mengetahui bahwa lomunikasi itu sangat penting dalam lingkungan bisnis, kalau setiap pebisnis memperhatikan hal ini maka bisnis yang kita kelola akan memberikan hasil maksimum.

Berikut Maksud dan Tujuan saya menulis artikel mengenai komunikasi dalam etika bisnis :

1. Untuk mengetahui etika dalam berbisnis yang mampu mengembangkan bisnis yang kita kelola .

2. Dapat mengetahui bahgaimana etika bisnis yang baik dana benar agra klien ataupunpelanggan tidak berpindah ke pebisnis yang lain.

3. Dapat memberikan contoh menjalin kerjasama antar sesama pebisnis melalu komunikasin yang baik dana benar .

4. Untuk mengetahui dampak positif dari menjalankan bisnis itu harus didasari dengan etika dan norma.

Prinsip-prinsip Komunika Dalam Etika Bisnis :

1. Prinsip Otonomi : Sikap dan kemampuan seseorang untuk mengambil sebuah keputusan dan bertindak sesuai dengan kesadaran tentang apa yang dianggapnya baik untuk dilakukan.

2. Prinsip Kejujuran : Sikap jujur dalam berbisnis itu sangat penting , karena dengan jujur kita tidak merugikan dan mengambil hak orang lain, dalam kegiatan bisnis bisa ditunjukan secara jelas bahwa bisnis tidak akan bisa bertahan lama dan berhasil jika tidak didasari dengan kejujuran, seorang pebisnis harus jujur dalam pemenuhan syarat-syarat perjanjian dan kontrak , kejujuran dalam penawaran barang dan jasa dengan mutu yang sebanding dengan harga, jujur dalam hubungan kerjasama dalam melakukan suatu bisnis.

3. Prinsip Keadilan : dalam melakukan suatu bisnis sikap adil sangatlah penting, karena dengan bersikap adil kita tidak mengambil dan merugikan hak orang lain. semua mendapat yang sama dan perlakuanya juga sama.

4. Prinsip Saling Menguntungkan : dalam melakukan suatu bisnis, masing-msing pihak harus mampu meningkatkan komunikasi yang baik antara sesama pebisnis, gunanya untuk menuntuk agar bisnis dijalankan sedemikian rupa sehingga mengguntungkan semua pihak.

5. Prinsip Integritas Moral : para pelaku bisnis harus mampu menghayati prinsip ini, supaya bisnis yang dielola dapat berjalan dengan baik. dan mampu menjaga nama baik usaha atau bisnis anda.

Prinsip-prinsip komunikasi dalam etika bisnis diatas harus dijalankan oleh semua pelaku bisnis untuk dapat mencapai tujuan dan sasaran yang di inginkan, selain itu juga , dengan menerapkan prinsip-prinsip tersebut berarti tidak merampas hak orang lain dan mampu meningkatkan profit dalam bisnis yang anda kelola.

Nilai-nilai komunikasi Dalam Etika Bisnis yang seharusnya jangan dilanggar :

1. Kejujuran : jangan sekali-kali melanggar kejujuran dalam melakukan suatu bisnis, karena kejujuran menjadi salah satu kunci untuk mempertahankan pelanggan anda.

2. Keadilan : Perlakukan setiap orang dengan hak nya, jangan merampas hak orang lain, dalam dunia bisnis ini perlu diterapkan, misalnya dengan tidak mengambil keuntunganyang merugikan konsumen.

3. ndah Hati : Dalam dunia bisnis rendah hati juga tidak boleh di abaikan , jangan pernah melakukan suatu bisnis dengan kesombongan.

4. Simpatik : Sikap simpatik juga menjadi acuan dalam melakukan suatu bisnis, setiap pelaku bisnis harus bisa mengelola emosi , tampilkan wajah ramah dan simpatik kepada klien dan konsumen anda.

5. Kecerdasan : Dalam melakukan suatu bisnis diperlukan kecerdasan ataukepandaian untukmenjalankan strategi bisnis yang baik dan yang benar, tujuannya untuk mencapai tujuan dan sasaran.

Nilai-nilai komunikasi dalam etika bisnis diatas sebaiknya jangan dilanggar, tetapi harus dijalankan oleh para pelaku bisnis, karena dengan menjalankan nilai-nilai tersebut, usaha yang anda kelola akan berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang anda harapkan, selain itu juga dapat memberi kepusaan kepada pelanggan dan konsumen anda. selanjutnya saya akan memberirahu hal-hal yang harus andai ketahui dalam menciptakan etika bisnis.

Hal-hal Yang Harus Anda Ketahui Dalam Menciptakan Etika Bisnis :

Etika bisnis harus didasari dalam suatu hukum positif, gunanya untuk menjamin kepastian hukum dari etika bisnis yang kita kelola

Pelaku bisnis harus mampu menyatakan yang benar itu benar

Pelaku bisnis harus peduli dengan keadaan masyarakat

Memelihara kesepakatan dan mengembangkan rasa kesadaran terhadap apa yang telak disepakati

Faktor-faktor Yang Mendorong perilaku Tidak Etis Dalam Bisnis

Ketidakmampuan membedakan baik dan buruk dalam melakukan suatu bisnis

Tekanan dari atasan

Lingkungan yang produktif

Konflik Kepentingan

Karena benefit yang didapat jauh lebih besar dari dari potensi kerugian

Seringkali melakukan hal yang menyenangkan dibandingkan dengan tanggung jawab Dalam melakukan suatu bisnis , Anda harus mempunyai etika, gunanya untuk kelancaran bisnis anda, jika etika anda kurang baik maka orang lain akan melihat anda secara negative.Oleh karena itu dalam kegiatan sehari-hari perlu ditingkatkan dan diterapkan komunikasi dalam etika bisnis yang memberikan dampak positif bagi anda sendiri.karena seperti yang kita ketahuan dalam melakukan usaha bisnis terdapat banyak kaitan didalamnya, baik itu antara hungungan anda dengan konsumen dank lien, baik terhadap masyarakat juga.

Nah disini saya akan memberikan kalian tips atau saran dalam mempertahankan etika dalam bisnis :

Etika bisnis harus kita pertahankan dengan baik supaya kita tidak kehilangan klien

Budayakan etika yang baik-baik tidak hanya dalam berbisnis namun dalam kehidupan sehari-hari juga

Pelaku bisnis harus lebih meningkatkan lagi etika bisnisnya baik dari pebisnis maupun klien

 

Oleh : REYMODA SIHITE pada Kompasiana.com

Leave a comment